Memahami UU Hak Tanggungan dalam Transaksi Properti

Dikutip dari situs Kementerian Keuangan, Hak Tanggungan didefinisikan jadi hak agunan yang ditanggung pada hak atas tanah seperti disebut dalam Undang-Undang Nomer 5 Tahun 1960 mengenai Ketentuan Basic Pokok-Pokok Agraria, tersebut ataukah tidak tersebut beberapa benda lain yang disebut satu kesatuan dengan tanah itu, untuk pelunasan utang tersendiri, yang memberi posisi yang diprioritaskan pada kreditor tersendiri pada kreditor-kreditor lain.

Baca juga : Rumah Dekat stasiun Tangerang

Dengan simpel, Hak Tanggungan ialah bentuk hak agunan atas tanah terhitung beberapa benda lain yang disebut satu kesatuan dengan tanah itu. Hak agunan itu dipakai oleh bank yang bertindak jadi kreditur supaya debitur melunasi hutangnya. Agunan itu juga dikenal jadi hipotik.

UU Hak Tanggungan

Hak Tanggungan mempunyai beberapa landasan hukum yang ditata dalam undang-undang, diantaranya Undang-Undang Nomer 5 Tahun 1960 serta Undang-Undang Nomer 4 Tahun 1996.

Contoh masalah

Jadi contoh contoh, Anda jadi customer ingin ajukan credit rumah ke bank dengan nilai rumah sebesar 500 juta Rupiah. Faksi bank jadi pemberi credit akan minta Anda menyerahkan agunan berbentuk tanah serta rumah itu.

Faksi bank seterusnya akan menaruh sertifikat hak punya atas tanah serta rumah Anda jadi agunan sampai credit Anda betul-betul lunas terbayar.

Dengan begitu, bila nanti Anda tidak dapat membayar credit waktu jatuh tempo atau credit Anda macet, karena itu Anda dapat lakukan penjualan dengan lelang atas tanah serta rumah yang disebut.

Hasil penjualan tanah serta rumah itu akan diserahkan kepada bank serta Anda memiliki hak terima tersisa hasil penjualan itu.

Contohnya, rumah serta tanah Anda laris terjual sebesar 700 juta Rupiah sesaat credit Anda di bank sebesar 500 juta Rupiah. Karena itu, bank cuma akan ambil beberapa Rp500 juta, selanjutnya bekasnya sebesar Rp200 juta jadi punya Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s